e-Business






E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi-otomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan  sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien  dan  fleksibel. 
E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. 

E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
         E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
·                  Menurut (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) : E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi. 
·                     Menurut (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) : E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. 
·                Menurut (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall): E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir.
·              Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.

Kelebihan e-business :
·           Pendekatan yang aman, fleksibel, danterintegrasi
·           Memberikan nilai bisnis yang berbeda
·           Efisien
·           Peningkatan produktivitas dan keutungan
·    Revenue Stream (aliran pendapatan) baru  yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
·           Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
·           Menurunkan biaya operasional.
·           Meningkatkan customer loyality.
·           Memperpendek waktu produksi.
·           Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Kelemahan E-Business : 
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga.Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang di lakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker,kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kerugian yang tidak terduga.Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.


 


sumber: 
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html
http://justsimplenotetoshare.blogspot.com/2011/10/e-business-dan-e-commerce-tugas.html

Komentar