E-business adalah kegiatan
bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi-otomatis yang dilakukan dengan
menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem
pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
E-business juga banyak dipakai untuk
berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan
secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara
elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain
management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada
pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan
dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau
kombinasi di antaranya.
·
Menurut (Steven Alter.
Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) : E-business
adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan,
pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi
komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
·
Menurut (Sid L.
Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) : E-business
meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari
organisasi ke konsumen.
·
Menurut (Samantha Shurety.1999.
E-business with Net.Commerce. Prentice Hall): E-business adalah mengenai
penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang
dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang
secara online baik retail maupun grosir.
·
Definisi e-business menurut IBM adalah
sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai
bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan
operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.
Kelebihan e-business :
·
Pendekatan yang aman, fleksibel, danterintegrasi
·
Memberikan nilai bisnis yang berbeda
·
Efisien
·
Peningkatan produktivitas dan keutungan
· Revenue
Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak
bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
·
Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
·
Menurunkan
biaya operasional.
·
Meningkatkan
customer loyality.
·
Memperpendek
waktu produksi.
·
Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
Kelemahan E-Business :
- Pencurian informasi rahasia yang berharga.Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang di lakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker,kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
- Kerugian yang tidak terduga.Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
sumber:
http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html http://justsimplenotetoshare.blogspot.com/2011/10/e-business-dan-e-commerce-tugas.html
Komentar