Bahan Bacaan tentang e-commerce


E-commerce di Indonesia
Saat ini dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan internet di indonesia, telah memiliki dampak yang besar terhadap perubahan bisnis. Yaitu mulai dari cara beriklan, cara jual beli, cara berinteraksi antar manusia, dan sebagainya. Contoh e-commerce di Indonesia yang sudah popular dan memiliki reputasi yang baik adalah seperti www.bhineka.com, www.blibli.com, www.gramedia.com, E-commerce adalah sebuah layanan internet yang dimanfaatkan untuk jual-beli. Dengan ecommerce telah banyak merubah dalam proses jual-beli. Jika dalam suatu jual-beli penjual dan pembeli bertemu, namun jika dengan e-commerce mereka tidak perlu bertemu, mereka berinteraksi melalui internet maupun dengan komunikasi melalui telepon.
Dalam proses ini kepercayaanlah yang menjadi modal utama. Karena tanpa kepercayaan kedua belah pihak, maka proses jual-beli e-commerce bisa terjadi dan terlaksana. Namun dengan perkembangan yang semakin pesat, maka banyak toko online / e-commerce bermunculan. Baik mereka dengan memanfaatkan blog, social media, website. Dengan pesatnya ini membuat semakin mudahnya dalam jual beli.
TIPS AGAR TERHINDAR DARI PENIPUAN atau TOKO ONLINE PALSU
  • Memastikan dengan mencari info tentang kebenaran web tersebut.
  • Melakukan testimony di forum maupun mailist tentang toko online tersebut.
  • Memastikan toko tersebut memiliki reputasi yang baik,termasuk dalam purna jual / garansi.
  • Biasanya toko tersebut mencantumkan alamat toko dengan lengkap apabila konsumen ingin langsung datang ke toko tersebut.
  • Jika toko tersebut memiliki fasilitas dari sebuah atau beberapa bank dalam pembayaran, misal klikpay dari bank BCA, atau pembayaran dengan kartu kredit. Maka bisa dipastikan toko tersebut benar dan memiliki reputasi yang baik juga.
Keuntungan dalam transaksi di toko online adalah :
  • Pembeli dengan mudah mendapatkan barang tanpa pergi ke toko, dan melakukan penawaran terhadap suatu barang, karena bisa dengan langsung melakukan penawaran harga terhadap suatu barang sebelum terjadi harga yang sesuai dengan kedua belah pihak.
  • Pembeli dapat menghemat waktu dalam mendapatkan barang.
  • Penjual tidak perlu menyewa sebuah space toko atau gerai yang berlokasi strategis untuk memajang produk  agar lebih laku dan memiliki banyak pelanggan.
  • Penjual bisa memajang toko selama 7 x 24 jam, karena tidak berbatas waktu, dan bisa mendapatkan pelanggan dari mana saja.
Kerugian dalam transaksi di toko online adalah :
  • Kesesuaian barang biasanya membuat pelanggan kecewa dengan produk yang telah dia beli karena tidak sesuai dengan barang yang ada di dalam foto di website, hal ini karena pembeli tidak bisa melihat kondisi barang secara langsung.
  • Proses pengurusan garansi yang tidak jelas, dan kadang sulit.
  • Kepercayaan menjadi modal utama dalam transaksi, akan tetapi saat ini terjadi krisis
    kepercayaan di masyarakat Indonesia sendiri.
  • Reputasi toko online yang buruk untuk wilayah Indonesia sendiri.
Dengan menggunakan technology informasi, E-commerce dapat dijadikan solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberi respon. Penggunaan E commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.

Sistem Transaksi E-Commerce

SISTEM ORDER BELANJA

1. Order Belanja Dengan Order Form
    Cara order form adalah merchant menyediakan daftar produk yang ditawarkan beserta deskripsi produknya. Di dalam order form, terdapat 2 bagian , yaitu bagian penawaran produk, dan bagian jenis pembayaran. Pada bagian penawaran produk berisi produk yang ditawarkan, harga tiap barang, dan disertai dengan deskripsi produk yang ditawarkan, tetapi tidak menampilkan gambar produk tersebut. Sedangkan pada bagian jenis pembayaran, merchant menyediakan form jenis – jenis pembayaran

2. Order Belanja Dengan Shopping Cart Shopping cart
    merupakan sebuah software yang digunakan merchant untuk mempermudah para costumer dalam memilih barang yang ingin dibeli. Software ini akan melakukan kalkulasi pajak penjualan, jumlah total barang yang dibeli, dan total keseluruhan biaya yang haus dibayar. Perbedan dengan order form adalah, pada shopping chart ditampilkan gambar produk yang dijual dan deskripsi nya, sedangkan pada order form hanya deskripsi produk tersebut.

SISTEM PEMBAYARAN

1. Sistem Pembayaran Dengan Credit Card
    Sistem pembayaran dengan menggunakan credit card adalah metode yang pembayaran yang paling banyak digunakan secara online.
Beberapa cara atau kategori untuk penggunaan credit card sebagai metode pembayaran :
- Metode enkripsi dengan menggunakan protokol SSL.
Cara kerjanya yaitu protocol mengamankan atau memproteksi informasi credit card yang dikirimkan oleh cardholder ke merchant dengan menggunakan public key dan private key encryption.
- Metode Three Party Payment System.
Atau disebut juga verifikasi pihak ketiga. Yaitu terdapat pihak ketiga yang berfungsi sebagai tempat atau gerbang pembayaran (payment gateway).
Cara kerjanya yaitu cardholder memberikan informasi credit card kepada pihak ketiga. Dan payment gateway akan melakukan otorisasi. Dan mengirimkan hasil otorisasi berupa suatu kode kepada merchant. Kemudian merchant akan mengirimkan barang kepada pembeli (cardholder). Salah satu contoh adalah menggunakan SET (Secure Electronic Transaction).

2. Sistem Pembayaran Off-line Dengan SmartCard
     Sistem pembayaran off-line ini diterapkan apabila merchant sulit terhubung on-line ke suatu bank untuk melakukan otorisasi pembayaran.
Cara kerjanya yaitu cardholder memasukan uang ke dalam smart card yang disebut dengan uang elektronik, melalui ATM bank atau internet, dimana uang tersebut digunakan untuk belanja atau melakukan transaksi di internet.
Setelah cardholder melakukan transaksi, pada selang waktu tertentu, merchant akan menagih nota penjualan kepada bank. Yang mana nota penjualan tersebut adalah yang diberikan oleh cardholder kepada merchant. Dan sistem pembayarannya menggunakan smartcard dan metode kriptografi. Sistem ini adalah sistem yang paling baru diterapkan saat ini.
Bentuk sistem order dan pembayaran e-commerce bermacam-macam, cara kerja setiap sistem juga berbeda-beda, dan setiap sistem mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.



sumber:  http://blog.pasca.gunadarma.ac.id
                http://epolebusiness.wordpress.com

Komentar